Ketegangan Berlanjut, Korsel Tutup Wilayah Perbatasan

Sabtu, 09 Januari 2016 - 18:04 WIB
Ketegangan Berlanjut, Korsel Tutup Wilayah Perbatasan
Ketegangan Berlanjut, Korsel Tutup Wilayah Perbatasan
A A A
SEOUL - Ketegangan di Semenanjung Korea terus berlanjut, setelah Korea Selatan (Korsel) melarang warga sipil mengunjungi observatorium wisata dan lokasi lainnya di dekat perbatasan dengan Korea Utara (Korut).

Seorang pejabat dari sebuah kota di selatan Korsel, Paju, mengatakan bahwa Dora Observatory yang merupakan observatorium untuk melihat seluruh wilayah Zona Demiliterisasi telah ditutup.

Selain itu, sebuah museum terowongan tua yang menjadi terowongan infiltrasi Korut juga telah ditutup sejak Jumat kemarin. Menurut sang pejabat, penutupan itu dilakukan seiring kebijakan pemerintah Korsel kembali melakukan siaran propaganda melalui pengeras suara di dekat perbatasan, seperti dikutip dari laman The Washington Post, Sabtu (9/1/2016).

Sebelumnya, pemerintah Korsel juga telah melarang warganya untuk ke wilayah industri Kaesong yang dioperasikan bersama-sama dengan Korut yang berada di sebuah kota perbatasan.

Para pejabat mengatakan, 512 warga Korsel masih berada di Kaesong dimana 479 dari mereka dijadwalkan untuk kembali ke Seoul. Di sisi lain, 269 warga Korsel telah diizinkan untuk masuk ke wilayah Kaesong pada hari ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)