Indonesia Prihatin Uji Bom Hidrogen, AS Sebut Korut Membual

Kamis, 07 Januari 2016 - 13:43 WIB
Indonesia Prihatin Uji...
Indonesia Prihatin Uji Bom Hidrogen, AS Sebut Korut Membual
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyatakan prihatin setelah Korea Utara (Korut) mengklaim sukses menguji coba miniatur bom hidrogen yang menyebabkan gempa 5,1 skala richter (SR). Sedangkan Amerika Serikat (AS) menyatakan klaim rezim Kim Jong-un atas uji coba bom terkuat dari senjata nuklir itu sebagai bualan.

Uji coba tersebut bertentangan dengan Comprehensive Nuclear Test-Ban Treaty (CTBT) dan semangat yang terkandung di dalam perjanjian tersebut serta merupakan pelanggaran atas kewajiban Korut berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1718 (2006), 1874 (2009), dan 2087 (2013),” bunyi pernyataan Pemerintah Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri.

Indonesia menyerukan kepada semua pihak untuk menghormati dan mematuhi Resolusi DK PBB. Indonesia juga mendorong dilakukannya diplomasi dan dialog dalam menciptakan situasi kondusif bagi perdamaian, stabilitas dan pembangunan di kawasan.


Sementara itu, Pemerintah Barack Obama membantah klaim bahwa Korut menguji coba bom hidrogen. ”Analisis awal tidak konsisten dengan klaim kesuksesan rezim (Kim Jong-un) atas uji coba bom hidrogen,” kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest wartawan, Kamis (7/1/2016).

Menurut Earnest, setiap uji coba senjata nuklir akan menjadi pelanggaran mencolok dari resolusi Dewan Keamanan PBB. China, yang dikenal sebagai sekutu Korut juga mengajukan protes terhadap Pyongyang atas klaim uji coba bom berbahaya itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1821 seconds (0.1#10.140)