Pemberontak Houthi Kutuk Eksekusi Nimr Al-Nimr

Sabtu, 02 Januari 2016 - 22:37 WIB
Pemberontak Houthi Kutuk Eksekusi Nimr Al-Nimr
Pemberontak Houthi Kutuk Eksekusi Nimr Al-Nimr
A A A
SANAA - Kelompok pemberontak Yaman, Houthi, menyatakan berkabung atas eksekusi yang dilakukan oleh Arab Saudi terhadap salah seorang ulama Syiah yang disebut sebagai pejuang suci.

"Keluarga kerajaan Al Saud hari ini mengeksekusi prajurit suci, ulama besar Nimr al-Nimr Baqr setelah menyidangkannya dalam sidang yang penuh dengan kepura-puraan. Hal ini adalah pelanggaran yang mencolok dari hak asasi manusia," bunyi obotuari kelompok Houthi di situs resmi mereka Al Maseera, seperti dikutip sitat dari Reuters, Sabtu (2/1/2016).

Selanjutnya, untuk menunjukkan rasa berkabungnya, stasiun televisi Maseera menayangkan sejumlah siaran reguler dengan ayat-ayat dari Al Quran.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak berwenang Arab Saudi mengeksekusi 47 orang pada hari ini terkait kasus terorisme. Ke- 47 orang yang dieksekusi itu termasuk ulama Syiah terkemuka, Nimr al-Nimr.

Pengumuman eksekusi itu disampaikan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di stasiun televisi negara. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tidak menjelaskan cara eksekusi terhadap 47 orang itu. Namun, biasanya Saudi menerapkan eksekusi pancung di depan publik terhadap terpidana mati.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4436 seconds (0.1#10.140)