Normalisasi Hubungan, Turki-Israel Lakukan Negosiasi

Sabtu, 19 Desember 2015 - 17:04 WIB
Normalisasi Hubungan, Turki-Israel Lakukan Negosiasi
Normalisasi Hubungan, Turki-Israel Lakukan Negosiasi
A A A
ANKARA - Turki dan Israel dilaporkan tengah terlibat dalam negosiasi untuk menormalkan hubungan diplomatik antara kedua negara. Turki dan Israel memang sudah lima tahun putus hubungan, setelah Israel menyerbu kapal yang membantu bantuan untuk Gaza di perairan internasional.

Menurut keterangan sejumlah diplomat Turki yang tidak ingin disebutkan namanya, bahwa saat ini proses negosiasi masih terus berlangsung. Para diplomat itu menuturkan masih ada satu atau dua kesepakatan lagi yang perlu dirampungkan.

"Kedua belah pihak memiliki tujuan yang sama, yakni untuk merampungkan kesepakatan secepat mungkin, sesuai dengan syarat-syarat yang sudah diajukan Turki sebelumnya," ucap seorang diplomat, seperti dilansir Bernama pada Sabtu (19/12).

"Sejauh ini belum ada kesepakatan akhir yang dicapai dalam pembicaraan antara Turki dan Israel. Namun, tren pembicaraan antara kedua negara terus menuju ke arah yang lebih positif," sambungnya.

Turki memang dalam beberapa hari terakhir terus mengirimkan sinyal akan memperbaiki hubungan dengan Israel. Sinyal dari Turki itu muncul setelah negara itu terlibat ketegangan dengan Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5211 seconds (0.1#10.140)