Rusia Ajak 14 Negara Periksa Kotak Hitam Su-24

Jum'at, 18 Desember 2015 - 17:05 WIB
Rusia Ajak 14 Negara...
Rusia Ajak 14 Negara Periksa Kotak Hitam Su-24
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia nampaknya ingin melakukan pemeriksaan kotak hitam jet tempur Su-24 secara terbuka. Ini terlihat dengan sikap Rusia yang mengajak belasan negara untuk turut memeriksa kotak hitam jet tempur yang ditembak jatuh militer Turki bulan lalu.

"Rusia telah mengundang 14 negara untuk berpartisipasi dalam pemeriksaan kotak hitam jet Su-24 yang ditembak jatuh beberapa waktu lalu," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu juga menambahkan, bahwa kondisi kotak itu masih sama seperti saat Turki menyerahkannya kepada Rusia. "Kondisi kotak hitam Su-24 saat ini masih sama dengan saat ditemukan," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (18/12).

Su-24 ditembak jatuh oleh F-16 Turki pada akhir November lalu di perbatasan Turki dan Suriah. Militer Turki menyatakan jet tempur Rusia itu ditembak jatuh karena telah melanggar wilayah udara Turki.

Namun, Negeri Beruang Merah tersebut langsung membantah Su-24 telah melanggar wilayah udara Turki. Rusia menyatakan Su-24 ditembak jatuh ketika masih beroperasi di wilayah Suriah, pernyataan itu diperkuat oleh Kementerian Pertahanan Suriah yang menuturkan bahwa Su-24 berada satu kilometer di sisi Suriah dari perbatasan Suriah dan Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)