Taliban Rilis Pesan Audio Mullah Mansour

Minggu, 06 Desember 2015 - 11:43 WIB
Taliban Rilis Pesan...
Taliban Rilis Pesan Audio Mullah Mansour
A A A
KABUL - Taliban merilis sebuah pesan audio sebagai bukti jika pemimpin mereka, Mullah Akhtar Mansour, masih hidup. Pesan berdurasi 16 menit itu mengatakan, laporan yang menyatakan Mansour telah tewas sengaja disebar untuk menciptakan perpecahan di Taliban.

"Saya tengah berada diantara orang-orang saya. Kejadian itu (baku tembak antar Taliban,red) tidak pernah terjadi dan itu tidak benar. Ini adalah propaganda musuh," begitu pernyataan Mansour yang dirilis oleh Taliban seperti dikutip dari Reuters, Minggu (6/12/2015).

Meski begitu, kebenaran bahwa suara yang ada di pesan audio itu adalah suara Mansour belum bisa diverifikasi kebenarannya. Rasa skeptis muncul karena Taliban pernah merahasiakan kematian pemimpinnya, Mullah Omar, yang meninggal pada 2013 dan baru dikonfirmasi dua tahun kemudian. Namun beberapa anggota senior Taliban menyatakan jika pesan audio itu benar-benar suara Mansour.

Mullah Akhtar Mansour sebelumnya dikabarkan tewas setelah sempat terluka parah akibat terkena tembakan dalam baku tembak antar kelompok Taliban. Baku tembak itu terjadi saat faksi-faksi yang ada di Taliban berunding untuk menyelesaikan perpecahan di dalam tubuh kelompok itu.

Pemerintah Afghanistan melalui Wakil Presiden Afghanistan, Sultan Faizy, membenarkan kabar tersebut. Sedangkan media televisi di Pakistan menyatakan Taliban telah menunjuk Moulavi Haibatullah Akhunzada sebagai pemimpin sementara kelompok militan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8871 seconds (0.1#10.140)