Acuhkan Ancaman Rusia, NATO Ajak Montenegro Bergabung

Rabu, 02 Desember 2015 - 19:52 WIB
Acuhkan Ancaman Rusia, NATO Ajak Montenegro Bergabung
Acuhkan Ancaman Rusia, NATO Ajak Montenegro Bergabung
A A A
BRUSSELS - NATO mengundang Montenegro untuk bergabung dengan aliansi militer pimpinan Amerika Serikat itu. Ajakan ini merupakan perluasaan keanggotaan NATO yang pertama sejak enam tahun.

Menurut Kepala NATO, Jens Stoltenberg, keputusan ini adalah keputusan bersejarah karena datang setelah NATO membombardir Yugoslavia dalam perang Kosovo, yang saat itu masih menjadi bagian dari Yugoslavia.

Dengan melemparkan undangan ke Montenegro, NATO secara tidak langsung telah mengacuhkan ancaman Rusia. Kremlin telah berulang kali memperingatkan bahwa tawaran tersebut akan menimbulkan ancaman bagi stabilitas di wilayah Balkan barat, seperti dikutip dari BBC, Rabu (2/12/2015).

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia pada pekan lalu mengatakan, bahwa aksesi Montenegro sama dengan mengirim pesan konfrontatif yang kuat. Namun, diplomat NATO mengatakan akan mengirimkan pesan ke Rusia bahwa Kremlin tidak dapat memveto keputusan organisasi pertahanan itu untuk menjadikan Montenegro sebagai anggotanya.

Ajakan bergabung yang ditujukan kepada Montenegro adalah ekspansi pertama NATO ke Eropa Timur sejak Albania dan Kroasia memutuskan bergabung pada tahun 2009.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5793 seconds (0.1#10.140)