Israel Berikan Bantuan Intelijen pada Prancis

Minggu, 15 November 2015 - 21:00 WIB
Israel Berikan Bantuan Intelijen pada Prancis
Israel Berikan Bantuan Intelijen pada Prancis
A A A
YERUSALEM - Pihak intelijen Israel akan membantu Prancis untuk menyelidiki aksi Teror Paris yang terjadi pada Jumat malam. Israel bahkan dikabarkan akan memberikan informasi terkait pengawasan terhadap kelompok militan di Suriah dan Irak kepada Prancis.

Seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (15/11/2015), Israel tidak memiliki peringatan dini terkait serangan teroris di Paris yang menewaskan sedikitnya 129 orang. Namun, negeri Zionis itu telah memberikan informasi tentang beberapa militan ISIS ke Prancis beberapa jam setelah kejadian.

Pihak intelijen Israel mengaku menemukan hubungan operasional yang jelas antara serangan di ibukota Prancis dengan bom bunuh diri di Beirut yang terjadi satu hari sebelumnya dan jatuhnya pesawat Rusia di Semenanjung Sinai, Mesir.

Menurut Israel, kelompok eksterimis yang menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah ini telah mempunyai data intelijen yang cukup untuk mengorganisir serangan di Paris.
Terkait hal ini, para pejabat Israel menolak berkomentar.

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan: "Saya sudah menginstruksikan pihak keamanan dan intelijen Israel untuk membantu rekan-rekan mereka di Prancis dan rekan-rekan dari negara Eropa lainnya dengan cara apapun yang memungkinkan."

Seorang diplomat Barat mengatakan, pada tahun lalu Israel telah memberikan informasi kepada koalisi pimpinan AS dalam perang melawan ISIS. Informasi itu diperoleh dari database perjalanan internasional tentang warga negara Barat yang diduga bergabung dengan pemberontak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5686 seconds (0.1#10.140)