Iran: Kehadiran Kami di Wina Tergantung AS

Rabu, 11 November 2015 - 19:36 WIB
Iran: Kehadiran Kami...
Iran: Kehadiran Kami di Wina Tergantung AS
A A A
BEIRUT - Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian mengatakan, pihaknya belum memutuskan apakah akan terlibat lagi dalam pembicaraan Wina atau tidak. Kehadiran Iran dalam pembicaraan itu menurut Abdollahian tergantung pada Amerika Serikat (AS).

"Teheran belum memutuskan apakah akan berpartisipasi dalam pembicaraan tentang krisis Suriah di Wina akhir pekan ini," kata Abdollahian kepada wartawan kala melakukan kunjungan ke Libanon, seperti dilansir Reuters pada Rabu (11/11).

"Partisipasi kami tergantung pada jawaban Washington mengenai beberapa tindakan sepihak yang diambil oleh beberapa pihak yang terlibat dalam pembicaraan, dimana mereka mengambil tindakan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan negara lain," sambungnya.

Pernyataan Abdollahian sendiri sejatinya menganulir pernyataan yang sempat dibuat oleh penasihat tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei. Pekan lalu, penasihat itu mengatakan bahwa Iran telah memastikan diri akan datang dalam pembicaraan tersebut.

Pembicaraan Wina sendiri rencananya akan digelar pada Sabtu ini. Pembicaraan ini merupakan kelanjutan dari pembicaraan sebelumnya yang digelar pada tanggal 30 Oktober lalu ditempat yang sama. Pada pembicaraan pertama, peserta setuju untuk secepatnya menggelar gencatan senjata di Suriah, namun terjebak kebuntuan kala membahas masa depan Presiden Suriah Bashar al-Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6356 seconds (0.1#10.140)