China: Patroli Kapal Rusak Hubungan Kami dengan AS

Jum'at, 06 November 2015 - 16:03 WIB
China: Patroli Kapal Rusak Hubungan Kami dengan AS
China: Patroli Kapal Rusak Hubungan Kami dengan AS
A A A
BEIJING - Patroli kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Lassen beberapa waktu lalu di Laut China Selatan, dinilai telah merusak hubungan antara China dan AS. Rasa saling percaya antara kedua negara mulai luntur akibat hal ini.

Melansir Reuters pada Jumat (6/11), hal itu diutarakan langsung oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi kala melakukan perbincangan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, semalam.

"Patroli yang dilakukan oleh kapal perang AS di dekat pulau-pulau buatan kami di Laut Cina Selatan telah memudarkan kepercayaan antara China dan Amerika Serikat dan menyebabkan ketegangan regional," kata Wang kepada Kerry.

USS Lassen sendiri melakukan patroli dan manuver di wilayah yang berjarak 12 mil laut dari pulau-pulau buatan China di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan pada 27 Oktober 2015 lalu. Hal ini langsung membuat China naik pitam.

Sebagai respon, China langsung mengirimkan kapal perang mereka untuk membuntuti USS Lassen. Sempat tersiar kabar, kedua kapal perang terus melakukan komunikasi, dan kerap terlibat ketengan.

Namun, menurut pengakuan Komandan USS Lassen, Robert Francis situasi sebenarnya tidak terlalu tegang. Menurutnya, kedua militer Angkatan Laut justru terlibat percakapan ramah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6757 seconds (0.1#10.140)