Finlandia dan Indonesia Sepakat PBB Harus Evolusi

Senin, 02 November 2015 - 13:55 WIB
Finlandia dan Indonesia Sepakat PBB Harus Evolusi
Finlandia dan Indonesia Sepakat PBB Harus Evolusi
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Finlandia sepakat bahwa harus ada evolusi di tubuh PBB agar sesuai perkembangan dunia saat ini. Kesepakatan gagasan kedua negara ini muncul ketika Menteri Luar Negeri (Menlu) Finlandia, Timo Saini melakukan pertemuan dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi, Senin (2/11/2015).

Pertemuan Menlu Retno dan Menlu Timo sejatinya sebagai elaborasi dari perbincangan keduanya saat bertemu di Sidang Umum PBB di New York bulan lalu. Ketika bertemu di New York, keduanya sudah membahas mengenai evolusi di tubuh PBB.

Keduanya sepakat bahwa PBB harus berubah dan berkembang untuk mengikuti perkembangan dunia saat ini. ”Sewaktu di Sidang Umum PBB New York, saya bersama Menlu Retno juga membahas berbagai topik internasional, salah satunya adalah tentang pembaruan visi misi PBB untuk ke depannya supaya lebih global dalam membahas isu-isu yang melanda di negara-negara anggota,” kata Soini.

“Kami sadar, dunia sudah banyak berubah, jadi PBB juga harus mempunyai cara atau solusi tersendiri untuk membantu masalah yang terjadi di negara-negara anggotanya,” lanjut Menlu Soini.

Selain membahas mengenai evolusi PBB, keduanya juga membahas beberapa isu. Antara lain, hubungan bilateral kedua negara, sejumlah isu internasional dan isu regional. Kerjasama ekonomi kedua negara juga menjadi pembahasan kedua Menlu itu.

Sementara itu, mala mini, Presiden Finlandia, Saulin Niinisto, akan tiba di Indonesia. Niinisto akan datang bersama dengan sejumlah CEO perusahaan Finlandia, salah satunya adalah dari perusahaan Nokia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7124 seconds (0.1#10.140)