CoC ASEAN-China Belum Rampung

Kamis, 29 Oktober 2015 - 15:14 WIB
CoC ASEAN-China Belum Rampung
CoC ASEAN-China Belum Rampung
A A A
JAKARTA - Code of Conduct (CoC), atau kode perilaku antara negara ASEAN dan China disebut-sebut sebagai salah satu solusi untuk bisa menyelesaikan konflik di Laut China Selatan. Tapi, sayangnya sampai saat ini pembahasan CoC masih belum selesai.

Namun, menurut Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia, I Gusti Agung Wesaka Puja, saat ini sudah ada kemajuan dalam pembahasan CoC, walaupun tidak terlalu besar. Prosesnya pun terus berlangsung, dengan semakin intensnya pertemuan antara perwakilan ASEAN dan China.

"Ada beberapa pertemuan di tingkat pejabat, di tingkat pejabat senior, yang biasanya juga dimulai dari tingkat kelompok kerja. Setidaknya di tingkat pejabat senior sudah bertemu sebanyak tiga kali, sementara di tingkat working group lebih banyak lagi. Terakhir minggu lalu, tingkat pejabat senior bertemu di Chengdu, China," ujar Puja

"Sebenarnya, ini juga memberikan ruang yang lumayan bagus. Pertama untuk menjaga momentum, kedua bagaimana supaya kemajuan yang dicapai, walaupun bukan kemajuan yang fantastis, tapi lumayan bagi kita untuk bisa maju ke depan. Sebab, pada tahapan yang sekarang ini, yang tadinya belum disepakati mengenai elemen-elemen dari CoC, sekarang kita sudah mulai bergerak untuk mengarah pada diskusi dan negosiasi elemen-elemen dan struktur CoC itu sendiri," sambungnya pada Kamis (29/10).

Puja menambahkan, bahwa kemajuan yang sudah dicapai sejauh ini sejatinya di luar ekspektasi. "Itu sebuah kemajuan, yang sebelumnya belum sempat kita bayangkan," ujarnya.

"Dalam konteks ini juga petanya, aktivitas ke depan juga sudah mulai disusun. Jadi mulai tahun 2016 nanti, beberapa kegiatan yang berkaitan dengan CoC sudah mulai dirancang oleh ASEAN dan China, supaya mmomentum memperoleh kemajuan dari CoC ini bisa jalan terus," pungkas Puja.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)