Rusia Berencana Buka Pangkalan Militer di Belarus

Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:02 WIB
Rusia Berencana Buka Pangkalan Militer di Belarus
Rusia Berencana Buka Pangkalan Militer di Belarus
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia tengah membahas rencana untuk membuka pangkalan militer di Belarus. Keterangan tersebut diutarakan oleh juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.
Peskov mengatakan, Rusia dan Belarus adalah dua sahabat dan sudah memiliki banyak kerjasama dalam berbagai.

Salah satu kerjasama utama kedua negara, adalah soal militer dan pertahanan, dimana salah satu isi perjanjian tersebut adalah pembukaan pangkalan militer Rusia di Belarus.

"Kami memiliki agenda cukup luas dengan Belarus khususnya pada kerjasama teknis militer, keamanan dan pertahanan. Dalam konteks aliansi kami, hal ini (pembukaan pangkalan militer) ini akan dibahas dalam beberapa bentuk," ucap Peskov.

Namun, ketika disinggung kira-kira kapan akan adanya kepastian mengenai pembukaan pangkalan militer tersebut. Peskov kembali mengatakan semua masih dalam pembahasan, dan dirinya tidak bisa memprediksi kapal pembahasan itu akan selesai.

"Saya tidak bisa mengatakan sesuatu yang konkret untuk saat ini," tambahnya, seperti dilansir Itar-tass pada Rabu (28/10).

Pembukaan pangkalan militer itu sendiri sejatinya merupakan salah satu agenda utama Presiden Rusia Vladimir Putin di Eropa. Dimana, bulan lalu Putin menginstruksikan Departemen Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Rusia untuk melakukan negosiasi dengan Belarus dan menandatangani perjanjian soal menciptakan pangkalan udara Rusia di negara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)