Kolega Bisnis Surya Paloh Ditangkap

Kamis, 15 Oktober 2015 - 22:58 WIB
Kolega Bisnis Surya Paloh Ditangkap
Kolega Bisnis Surya Paloh Ditangkap
A A A
BEIJING - Pengusaha asal China, Sam Pa atau Xu Jinghua, ditangkap kepolisian Hong Kong pada 8 Oktober lalu atas dugaan korupsi yang melibatkan mantan Direktur Eksekutif Sinopec Su Shulin.

Seperti dikutip Reuters dari majalah Caixin, Kamis (15/10/2015), perusahaan milik Pa terlibat dalam proyek-proyek eksplorasi minyak Sinopec di Angola (Sonangol) saat Shulin masih memimpin perusahaan tersebut. Dia juga menjadi perantara untuk membantu mangamankan tawaran raksasa atas minyak mentah milik Angola. Terkait hal tersebut, baik Sam Pa maupun Sinopec menolak berkomentar.

Sinopec Corp menguasai 55 persen saham dalam usaha patungan Sonangol Sinopec International yang didirikan pada tahun 2004 dan memegang 50 persen saham atas 18 blok minyak di lepas pantai Angola.

Komisi Displin China mengatakan, Shulin diduga telah melakukan pelanggaran disiplin serius. Shulin tercatat pernah menjabat sebagai Gubernur Fujian sejak 2011 dan juga ditunjuk sebagai Kepala Partai Komunis di Fujian.

Meski tidak banyak dikenal masyarakat umum, nama Sam Pa tergolong istimewa di hadapan Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini ditandai dengan kerja sama pembelian minyak mentah sebanyak 100 ribu barel dari Sonangol pada 2014.

Tidak hanya itu, Jokowi memberikan perhatian khusus terhadap proyek pembangunan Gedung Indonesia 1 yang memiliki tinggi 303 meter yang diketahui dibangun oleh bisnis Surya Paloh, yakni Media Group dan China Sonangol Land, senilai Rp8 triliun. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada pernayataan resmi baik dari Surya Paloh maupun Nasdem.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5040 seconds (0.1#10.140)