Merkel: Kekuatan Militer Tak Hentikan Krisis di Suriah

Minggu, 04 Oktober 2015 - 16:08 WIB
Merkel: Kekuatan Militer...
Merkel: Kekuatan Militer Tak Hentikan Krisis di Suriah
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel mengakui, penggunaan kekuatan militer dibutuhkan di Suriah. Namun, dirinya juga menyebut upaya militer hanya bersifat sementara, karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan krisis di Suriah.

Merkel, yang berbicara saat melakukan wawancara dengan media setempat menegaskan, solusi politik adalah solusi sebenarnya di Suriah. Tapi, untuk mencapai itu membutuhkan usaha yang keras.

"Mengenai Suriah, saya mengatakan untuk pertama kalinya, Kami akan membutuhkan upaya militer, tetapi upaya militer tidak akan membawa solusi, kita membutuhkan proses politik. Namun, hal itu tidak benar-benar terjadi dalam waktu dekat," ujar Merkel, seperti dilansir Reuters pada Minggu (4/10/2015).

"Untuk sampai ke solusi politik, saya membutuhkan perwakilan dari kedua pihak, yakni dari oposisi Suriah dan mereka yang saat ini berkuasa di Damaskus, serta pihak yang lainnya untuk mendapatkan keberhasilan yang nyata, dan terakhir yakni semua sekutu kelompok masing-masing," sambungnya.

Dirinya menyebut Jerman, Amerika Serikat (AS), Rusia dan Iran adalah beberapa pemain yang dapat mengusahakan solusi politik di Suriah. Selain keempat negara tersebut, kehadiran Prancis dan Inggris juga dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan konflik Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)