Jenazah Jemaah Haji Iran Tiba di Teheran

Sabtu, 03 Oktober 2015 - 18:01 WIB
Jenazah Jemaah Haji Iran Tiba di Teheran
Jenazah Jemaah Haji Iran Tiba di Teheran
A A A
TEHERAN - Pesawat pertama yang membawa jenazah jamaah haji asal Iran yang tewas dalam Tragedi Mina di Arab Saudi telah tiba di Teheran, Sabtu (3/10/2015), sembilan hari pasca terjadinya tragedi tersebut yang memicu ketegangan diantara ke dua negara.

Dikutip dari laman ABC, Presiden Hassan Rouhani dan sejumlah pejabat senior Iran lainnya berada di bandara untuk menyambut kedatangan pesawat yang membawa 104 jenazah jamaah haji asal Iran. Menurut stasiun televisi Iran, pesawat lain yang juga membawa jenazah jamaah haji asal Iran akan tiba dalam beberapa hari mendatang.

Pemerintah Arab Saudi menyatakan bahwa 769 jamaah meninggal akibat terinjak-injak saat Tragedi Mina dan menjadi bencana terburuk dalam penyelenggaraan jamaah haji selama 25 tahun terakhir. Iran adalah negara dengan jumlah korban tewas terbanyak yang mencapai 464 orang.

Atas tragedi tersebut, Negeri Mullah itu menyalahkan Arab karena dinilai telah melakukan kesalahan manajemen pengorganisasian jamaah sehingga mengakibatkan dua gelombang jamaah haji berkumpul dalam satu lajur dan menyebabkan sebagian besar dari mereka terinjak-injak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5427 seconds (0.1#10.140)