China: ASEAN Adalah Sahabat Kami

Senin, 28 September 2015 - 21:42 WIB
China: ASEAN Adalah Sahabat Kami
China: ASEAN Adalah Sahabat Kami
A A A
JAKARTA - China menyebut ASEAN sebagai tetangga dan juga sahabat baik mereka. Hal ini diutarakan oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng dalam pidatonya kala perayaan hari kemerdekaan China yang ke-66 di Jakarta.

"China dan negara-negara ASEAN adalah tetangga bersahabat dan mitra kerjasama. Akhir tahun ini, komunistas ASEAN akan dibentuk dan menjadi komunitas regional pertama di Asia. China, dengan tulus hati ikut merasa senang untuk hal ini," kata Xie pada Senin (28/9/2015).
Xie, dalam pidatonya juga menyebut, pihaknya akan terus menganggap ASEAN, termasuk di dalamnya Indonesia sebagai prioritas utama diplomasi yang diambil China di kawasan Asia.

"China bersedia bergandengan tangan dengan ASEAN untuk membangun "The Belt and Road", bersama-sama membangun komunitas senasib berdasarkan prinsip saling kepercayaan politik, integrasi ekonomi. dan toleransi kebudayaan untuk mengatasi tantangan bersama, menikmati kesempatan bersama dan berkembang bersama," sambungnya.

Hubungan China dengan bebeapa negara ASEAN sendiri, seperti Vietnam, Myanmar dan Malaysia sejatinya saat ini bisa dikatakan buruk. Kondisi ini diakibatkan oleh perseteruan mereka di wilayah Laut China Selatan, dimana setiap negara mengaku memiliki hak atas wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4049 seconds (0.1#10.140)