Obama dan Xi Jinping Sepakat Perangi Cyber Crime

Sabtu, 26 September 2015 - 16:47 WIB
Obama dan Xi Jinping Sepakat Perangi Cyber Crime
Obama dan Xi Jinping Sepakat Perangi Cyber Crime
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan telah mencapai kesepahaman dengan Presiden China, Xi Jinping, soal spionase ekonomi di dunia maya. Meski begitu, AS akan tetap menjatuhkan sanksi kepada para hacker asal China yang kedapatan melakukan aksi cyber crime.

"Ini harus dihentikan," kata Obama saat menggelar jumpa pers bersama Jinping, sembari menambahkan jika dirinya dan Jinping telah membuat kemajuan yang signifikan terhadap keamanan dunia siber, seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (26/9/2015).

"Pertanyaannya sekarang adalah, kata-kata yang diikuti dengan tindakan," sambungnya seolah ingin menegaskan jika AS siap memberikan sanksi kepada para pelaku cyber crime.

Sementara itu, Jinping menegaskan, pemerintah China tidak terlibat dalam aksi pembobolan sejumlah data rahasia perusahaan AS, seperti yang dituduhkan selama ini. Ia juga mengatakan, cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui kerjasama bilateral dan tidak mempolitisir masalah tersebut.

"Konfrontasi dan gesekan bukanlah pilihan yang tepat bagi kedua belah pihak," katanya. China sendiri telah berulang kali menegaskan jika mereka juga adalah korban dari cyber crime.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5268 seconds (0.1#10.140)