Imam Masjidilharam Kecam Eksploitasi Tragedi Mina untuk Politik

Sabtu, 26 September 2015 - 14:42 WIB
Imam Masjidilharam Kecam Eksploitasi Tragedi Mina untuk Politik
Imam Masjidilharam Kecam Eksploitasi Tragedi Mina untuk Politik
A A A
MINA - Imam Masjidilharam di Mekkah, Arab Saudi, Dr Saleh Al Thalib, mengecam semua pihak yang mengeksploitasi tragedi di Mina untuk kepentingan politik.

Tragedi yang menewaskan 717 jamaah haji itu membuat Pemerintah Saudi jadi bulan-bulanan lemparan kesalahan oleh Pemerintah Iran.

Thalib mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi sepenuhnya mampu menangani haji. Dia menegaskan bahwa Saudi berdaulat penuh atas situs-situs suci di wilayahnya. ”Dia mengecam orang-orang yang mengeksploitasi tragedi (Mina) untuk keuntungan politik,” tulis Gulfnews, mengutip pernyataan Thalib.

Sementara itu, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, dalam sebuah forum tahunan di Mina, menegaskan bahwa Kerajaan Saudi mengerahkan segala upaya untuk membuat perjalanan dan persinggahan para tamu Tuhan (jamaah haji) yang bebas dari stres dan memastikan keamanan dan keselamatan mereka.

Terkait tragedi di Mina, dia sudah menyampaikan belasungkawa dan memerintahkan investigasi atas tragedi yang juga menyebabkan lebih dari 800 jamaah haji lainnya terluka.

Raja Saudi itu juga mendoakan para jamaah haji. ”Saya berdoa kepada Tuhan bahwa ibadah semua orang yang beribadah haji diterima dan bahwa mereka akan dibersihkan dari dosa-dosa mereka. Saya juga berdoa agar semua jamaah pulang ke keluarga mereka dengan aman,” ujarnya seperti dikutip Arab News, Sabtu (26/9/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5978 seconds (0.1#10.140)