Tragedi Haji Mina, Musibah Terburuk dalam 25 Tahun Terakhir

Jum'at, 25 September 2015 - 08:56 WIB
Tragedi Haji Mina, Musibah Terburuk dalam 25 Tahun Terakhir
Tragedi Haji Mina, Musibah Terburuk dalam 25 Tahun Terakhir
A A A
MINA - Tragedi melempar jumrah di Mina, Arab Saudi yang menyebabkan 717 jamaah haji meninggal dan 863 jamaah lainnya terluka tercatat sebagai musibah terburuk dalam pelaksaan ibadah haji selama 25 tahun terakhir.

Pada 25 tahun silam, tepatnya pada Juli 1990, sebanyak 1.426 jamaah haji meninggal setelah berdesak-desakan di sebuah terowongan di dekat Mekkah.

Foto-foto yang dipublikasikan di Twitter oleh Kementerian Pertahanan Sipil Arab Saudi pada hari Kamis menunjukkan banyak jamaah berbaring di tandu, sementara para pekerja darurat mengangkat mereka di ambulans.

Foto lain menunjukkan jasad para jamaah haji berpakaian putih ditumpuk di salah satu lokasi. Beberapa korban tampak mengalami luka. Para petugas darurat Saudi juga tampak bekerja keras menyelamatkan para jamaah yang kritis.

Raja Salman menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas tragedi itu. Dia langsung memerintahkan aparat berwenang untuk meninjau manajemen haji. (Baca: Tragedi Mina Renggut 717 Jamaah Haji, Ini Kata Raja Salman)

”Kami telah menginstruksikan pihak berwenang untuk meninjau operasi untuk meningkatkan perbaikan di tingkat organisasi dan manajemen untuk memastikan bahwa para tamu Tuhan melakukan ritual yang nyaman dan mudah,” kata Raja Salman, seperti dikutip Reuters, Jumat (25/9/2015).

Sementara itu, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mansour Turki, mengatakan, penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui penyebab penumpukan massa jamaah haji yang tidak biasa di lokasi kejadian kemarin. “Alasan untuk itu belum diketahui,” katanya dalam jumpa pers di Mina.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)