Kelompok Militan Bangladesh Incar Aktivis Sekuler

Rabu, 23 September 2015 - 19:34 WIB
Kelompok Militan Bangladesh Incar Aktivis Sekuler
Kelompok Militan Bangladesh Incar Aktivis Sekuler
A A A
LONDON - Kelompok militan Bangladesh, Ansarullah Bangla Team (ABT) merilis daftar berisi nama 20 blogger sekuler, penulis, dan aktivis di seluruh dunia yang diincar oleh kelompok tersebut untuk dibunuh.

Dari daftar tersebut, sembilan blogger yang berbasis di Inggris masuk ke dalam daftar pembunuhan tersebut. Selain Inggris, kelompok ini juga mengincar tujuh warga Jerman, dua warga Amerika Serikat, satu warga Kanada dan satu warga Swedia, seperti disalin laman Independen dari The Guardian, Rabu (23/9/2015).

Ini adalah untuk pertama kalinya kelompok Islam militan itu menargetkan sejumlah blogger yang tinggal di luar Bangladesh. Menurut The Guardian, para blogger Inggris yang masuk dalam daftar incaran kelompok ABT telah menghubungi pihak kepolisian dan pihak berwenang agar diambil tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko serangan.

Kelompok ABT ditengarai menjadi pihak yang dipersalahkan dalam serangkaian pembunuhan terhadap aktivis sekuler di Bangladesh selama 18 bulan terakhir. Mereka juga berada di balik penangkapan seorang pekerja IT asal Inggris, Touhidur Rahman, yang ditangkap pada bulan Agustus lalu sehubungan dengan kematian Avijit Roy pada bulan Februari lalu.

Avijit Roy adalah seorang penulis sekulerisme dan humanisme Bangladesh keturunan Amerika Serikat. Ia ditemukan tewas di sebuah gang saat mengunjungi ibukota Bangladesh, Dhaka. Istri korban yang juga berada dalam daftar incaran pembunuhan, Rafida Ahmed Banna, mengalami luka parah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5032 seconds (0.1#10.140)