China Siap Kerjasama dengan AS Berantas Cyber Crime

Kamis, 17 September 2015 - 19:02 WIB
China Siap Kerjasama dengan AS Berantas Cyber Crime
China Siap Kerjasama dengan AS Berantas Cyber Crime
A A A
BEIJING - Pemerintah China dengan tegas menentang serangan internet atau cyber crime dan menyatakan siap bekerjasama dengan Amerika Serikat (AS) di dunia maya untuk memerangi para peretas.

Menurut Asisten Menteri Luar Negeri Cina, Zheng Zeguang, Beijing dan Washington menghadapi tantangan yang sama dalam hal keamanan di dunia maya. Karenanya, sangat penting bagi kedua negara untuk meningkatkan rasa saling percaya dan kerjasama keamanan di dunia maya.

"Pada saat yang sama, pemerintah China akan memberikan perlindungan yang kuat terhadap kepentingannya sendiri di dunia maya dan dengan tegas menentang setiap pernyataan atau tindakan yang merugikan kepentingan China," kata Zeguang, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (17/9/2015).

Dikatakan oleh Zeguang, baik China maupun AS dapat dan harus bekerjasama, termasuk tentang pengaturan standar internet internasional. Sebelumnya, AS mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada warga negara atau perusahaan China yang kedapatan meretas data milik lembaga pemerintahan dan industri milik AS.

Hal ini pun menciptakan ketegangan di kedua negara jelang kedatangan Presiden China, Xi Jinpeng ke AS. Dalam lawatan ke AS, Jinping diagendakan bertemu dan melakukan pembicaraan dengan Presiden AS Barack Obama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)