Siswa di Zimbabwe Dilarang Bawa Sereal karena Dijadikan Alkohol

Jum'at, 11 September 2015 - 15:55 WIB
Siswa di Zimbabwe Dilarang Bawa Sereal karena Dijadikan Alkohol
Siswa di Zimbabwe Dilarang Bawa Sereal karena Dijadikan Alkohol
A A A
HARARE - Beberapa sekolah di Zimbabwe melarang siswanya membawa bekal serel untuk sarapan. Larangan itu muncul setelah para siswa menjadikan sereal sebagai campuran untuk membuat minuman alkohol.

Di negara Afrika wilayah selatan itu, anak-anak di bawah umur dilarang mengkonsumsi minuam beralkohol.

”Siswa dilaporkan mencampur sereal dengan gula merah dan ragi, dan meninggalkan campuran itu di bawah sinar matahari untuk proses fermentasi guna menciptakan minuman alkohol tradisional yang dilarang untuk diminuam siswa,” demikian laporan koran lokal, Chronicle.

Setidaknya sudah ada tiga sekolah yang melarang siswa membawa bekal gandum dan sereal yang terbuat dari sorgum. Sekolah-sekolah tersebut juga mengirim pesan tertulis kepada orang tua siswa terkait larangan itu.

”Kami menerima pesan berupa nasihat untuk kami agar tidak membeli ‘Morvite’ saat belanja bahan makanan untuk anak-anak kita. Setelah melakukan penelusuran, kami mengetahui bahwa sereal sedang difermentasi menjadi alkohol,” kata salah satu orang tua siswa yang menolak diidentifikasi, seperti dilansir Russia Today, Jumat (11/9/2015).

Ahli kimia lokal, Michael Dube, mengatakan minuman alkohol yang dibuat para siswa berbahaya bagi kesehatan mereka.”Karena tidak ada metode untuk mengontrol kadar alkoholnya, sehingga bisa berpengaruh sangat buruk bagi kesehatan mereka,” katanya.

(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)