Pakistan-India Mulai Pembicaraan Soal Perbatasan

Kamis, 10 September 2015 - 19:25 WIB
Pakistan-India Mulai Pembicaraan Soal Perbatasan
Pakistan-India Mulai Pembicaraan Soal Perbatasan
A A A
NEW DELHI - Delegasi tingkat tinggi dari Pakistan menyeberang ke India melalui pos pemeriksaan bersama di Attari-Wagah, Punjab, untuk melakukan pembicaraan pejabat tinggi militer antara pasukan perbatasan kedua negara.

Delegasi Pakistan yang berjumlah 16 anggota dipimpin oleh Direktur Jenderal pasukan Rangers Pakistan, Umar Farooq Burki. Kedatangan delegasi Pakistan disambut oleh Pasukan Keamanan Perbatasan. Rombongan kemudian meninggalkan lokasi dengan pesawat khusus menuju New Delhi, lokasi pembicaraan selama empat hari, seperti dikutip dari laman Xinhua, Kamis (10/9/2015).

Pembicaraan antar pejabat tinggi militer kedua negara ini berlangsung di tengah ketegangan yang terjadi di wilayah perbatasan kedua negara, terkait situasi di Kashmir. Tembakan mortir dan jual beli tembakan terus terjadi sepanjang perbatasan dan garis kontrol di wilayah Kashmir.

Sejumlah isu akan dibahas oleh delegasi kedua negara, salah satunya adalah mencakup pelanggaran gencatan senjata yang dilakukan oleh pasukan Pakistan dan infiltrasi lintas batas militan ke India.

Pakistan juga berupaya untuk mengundang pemantau internasional terkait pelanggaran di Kashmir, setelah negara tetangganya itu berhenti mengundang pemantau internasional untuk meninjau situasi di Kashmir.

Namun, India dan Pakistan gagal menggelar pertemuan penasihat keamanan nasional yang direncakan dilakukan pada bulan lalu. Kegagalan ini dipicu oleh tindakan Komisaris Tinggi Pakistan, Abdul Basit, mengundang para pemimpin separatis Kashmir jelang pembicaraan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3733 seconds (0.1#10.140)