Nama Desa Ini Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch

Kamis, 10 September 2015 - 18:12 WIB
Nama Desa Ini Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch
Nama Desa Ini Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch
A A A
WALES - Seorang penyiar cuaca di stasiun televisi Inggris memukau publik setelah dia fasih melafalkan nama desa di Wales yang terkenal sebagai nama terpanjang di peta Eropa. Nama desa itu adalah “Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch”.

Percaya atau tidak, nama desa itu terdiri dari 58 huruf dan sangat sulit untuk melafalkannya. Tapi, penyiar cuaca bernama Liam Dutton, tidak mengalami kesulitan untuk mengucapakannya.

Dalam siaran televisi itu, Dutton begitu lancar mengu capakan desa ”Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch" di Wales utara menjadi wilayah terpanas di Inggris pada hari Selasa dengan suhhu 21 derajat Celsius.

Biasanya orang biasanya menyingkat nama desa ini karena terlalu panjang. Ada yang menyingkat namanya menjadi “Llanfairpwllgwyngyll”, ada juga yang menyingkatnya “Llanfairpwll”.

”Hari ini kita memiliki suhu yang kontras di Inggris,” kata Dutton selama siaran itu berlangsung. ”Hanya 12 derajat di pantai bagian Timur Inggris dengan kondisi langit mendung,” lanjut dia.

Sejenak kemudian, tangannya menunjuk peta yang menunjukkan wilayah desa dengan nama yang sangat rumit diucapkan itu. Di luar dugaan, dia sangat lancar mengucapkannya.

Kelihaiannya dalamm melafalkan nama desa itu diyakini karena telah terbiasa. Terlebih, Dutton lahir di Kota Welsh, Cardiff dan dididik di University of Wales.

”Ini jelas merupakan nama tempat yang paling menantang di Inggris untuk mengucapkan," katanya kepada Wales online Rabu pagi, saat menanggapi pujian publik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0910 seconds (0.1#10.140)