Pria Korsel Bakar Diri di Depan Kedubes Jepang

Rabu, 12 Agustus 2015 - 19:16 WIB
Pria Korsel Bakar Diri di Depan Kedubes Jepang
Pria Korsel Bakar Diri di Depan Kedubes Jepang
A A A
SEOUL - Seorang pria tua berusia 81 tahun nekat membakar dirinya di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang yang yang ada di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Aksi itu dilakukan tepat di tengah-tengah aksi demonstrasi para wanita yang dipaksa menjadi wanita penghibur untuk dijadikan budak seks pasukan Jepang selama Perang Dunia II.

Dikutip dari Xinhua, Rabu (12/8/2015), ketika pria itu membakar diri, ratusan aktivis kelompok sipil sedang melakukan sebuah aksi damai yang dipimpin oleh Kelompok Advokasi Korea untuk Wanita Korban Perbudakan Seks Jepang, di depan Kedubes Negeri Matahari Terbit itu.

Akibat melakukan aksi nekatnya itu, pria yang diketahui datang dari Gwangju itu langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Untuk diketahui, Kelompok Advokasi Korea untuk Wanita Korban Perbudakan Seks Jepang kerap melakukan aksi damai setiap Rabu sejak 8 Januari 1992. Aksi itu dilakukan untuk menuntut permohonan maaf dan rehabilitasi dari Pemerintah Jepang.

Aksi berskala besar akan dilakukan jelang ulang tahun ke-70 pemebebasan Semenanjung Korea itu dari pemerintahn kolonial Jepang yaitu pada 1910-1945.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan terkait agresi dan kekejaman Jepang di masa perang yang lalu pada Jumat ini. Beberapa laporan media memperkirakan, Abe tidak akan meminta maaf atas kolonisasi dan perekritan paksa perempuan Korea untuk dijadikan budak seks.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5338 seconds (0.1#10.140)