Pemimpin Garda Revolusi Iran Dukung Kesepakatan Nuklir

Minggu, 09 Agustus 2015 - 19:04 WIB
Pemimpin Garda Revolusi Iran Dukung Kesepakatan Nuklir
Pemimpin Garda Revolusi Iran Dukung Kesepakatan Nuklir
A A A
TEHERAN - Pemimpin tertinggi pasukan elit Iran, Garda Revolusi, dan juga orang terdekat dari pemimpin tertinggi di Iran menyatakan dukungannya terhadap kesepakatan nuklir antara negeri Mullah itu dengan Amerika Serikat. Kesepakatan ini dipandang sebagai kunci untuk meraih dukungan guna menghadapi kelompok oposisi dari garis keras.

Mayor Jenderal Hassan Firouzabadi mengatakan, ada 16 keuntungan dari kesepakatan yang ditandatangani Iran dalam perjanjian di Wina pada bulan Juli lalu. Meski begitu, ia tidak mau mengungkapkan keuntungan yang di maksud.

"Angkatan bersenjata memiliki kekhawatiran akan efek dari kesepakatan tersebut terhadap kemampuan pertahanan Iran. Namun, perjanjian dan resolusi Dewan Keamanan PBB ini memiliki banyak keuntungan yang telah diabaikan oleh pada kritikus," ujar Firouzabadi yang dikutip Reuters dari Fars News Agency, Minggu (9/8/2015).

"Resolusi Dewan Keamanan PBB telah berubah, dibandingkan dengan yang sebelumnya. Terkait kegiatan mengenai rudal Iran, kesepakatan itu tidak memerintahkan tetap, hanya meminta Iran untuk patuh," sambungnya mengacu pada resolusi internasional yang lalu.

Perjanjian internasional nuklir Iran ini terjadi atas inisiatif Presiden AS, Barack Obama, dengan Presiden Iran, Hasan Rouhani. Keduanya memutuskan untuk bertemu di tengah-tengah pertentangan yang diserukan oleh kelompok garis keras di kedua negara.

Hingga kini belum diketahui secara rinci prosedur yang harus ditempuh oleh Iran untuk merativikasi perjanjian tersebut. Meski begitu, hasil akhir dari persetujuan itu ada di tangan Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, untuk menyetujuinya atau tidak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5881 seconds (0.1#10.140)