12 WNI Korban Kapal Kandas di Somalia Berhasil Dievakuasi

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 18:13 WIB
12 WNI Korban Kapal Kandas di Somalia Berhasil Dievakuasi
12 WNI Korban Kapal Kandas di Somalia Berhasil Dievakuasi
A A A
JAKARTA - Sebanyak 32 orang, termasuk 12 WNI anak buah kapal (ABK) dari kapal Al Aman yang kandas di perairan Somalia sudah berhasil dievakuasi.

Demikian disampaikan, Yoshi Iskandar, koordinator skuad perlindungan WNI di KBRI Nairobi, dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Sabtu (8/8/2015).

”Setelah upaya selama dua hari, akhirnya 32 ABK kapal Al Aman sudah dapat dievakuasi oleh Kepolisian Puntland, Somalia, ke salah satu lokasi di daratan Somalia,” kata Yoshi.

“Direncanakan dari lokasi tersebut, para ABK nantinya akan diterbangkan keluar Somalia. Rencana lebih detil sedang dibahas lebih lanjut,” katanya lagi.

Kapal ikan Korea Selatan yang dioperasikan perusahaan Yaman itu kandas di Pantai El Merina, perairan Somalia, pada 4 Agustus 2015 akibat terjangan badai. Kondisi keamanan di kawasan pantai itu dikenal rawan.

Selain 12 ABK Indonesia, ada juga ABK asal Vietnam dan Kenya. ”Segera setelah mendapatkan informasi tersebut pada 5 Agustus 2015, kami mengontak salah seorang ABK via telepon satelit,” kata Yoshi sebelumnya.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia juga telah memanggil pihak Kedubes Korea Selatan di Jakarta. Dalam pertemuan kemarin, Indonesia minta Korsel mendesak pemilik kapal menyelamatkan dan memenuhi hak-hak seluruh ABK.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5852 seconds (0.1#10.140)