Jubir Putin Pamer Arloji Mewah Rp8 M saat Rusia Krisis

Selasa, 04 Agustus 2015 - 11:35 WIB
Jubir Putin Pamer Arloji...
Jubir Putin Pamer Arloji Mewah Rp8 M saat Rusia Krisis
A A A
MOSKOW - Juru bicara (Jubir) Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, memicu kontroversi setelah pamer arloji mewah senilai US$ 620 ribu (Rp8,3 miliar) di saat Rusia dilanda krisis ekonomi.

Arloji mewah dan langka itu dia kenakan saat acara penikahannya dengan penari es Olimpiade, Tatiana Navka. Pernikahan itu digelar di sebuah resor di Sochi, kawasan Laut Hitam.

Sejumlah foto yang beredar menunjukkan, arloji yang dikenakan Peskov dihiasi gambar tengkorak emas.

Politisi oposisi dan whistleblower kasus korupsi, Alexei Navalny, mengidentifikasi arloji milik Jubir Putin itu merupakan jam tangan edisi terbatas yang dirancang oleh Richard Mille. Dia menulis di blog-nya, bahwa arloji itu senilai US$ 620 ribu. Harga itu dia kutip dari surat elektronik yang dikirimkan oleh pembuat jam Swiss kepadanya.

”Jam tangan pengantin pria biayanya lebih (mahal) dari apartemen Anda,” tulis Navalny. “Musuh” politik Putin itu juga menerbitkan foto-foto dari Peskov yang mengenakan jam tangan mahal lainnya termasuk Rolex dan Omega.

Peskov sendiri telah menyatakan bahwa gaji tahunannya sekitar US$145 ribu (Rp1,9 miliar). Artinya, gaji setahun Jubir Putin tidak mungkin bisa untuk membeli jam tangan mewah itu.

Namun, Peskov berdalih arloji mewah itu hadiah dari istrinya. ”Hadiah dari istri ke suami atau suami untuk istri tidak ada hubungannya dengan aktivitas anti-korupsi,” kata Peskov, seperti dikutip kantor berita RIA Novosti, semalam.

Sedangkan istri Peskov, Navka telah menjelaskan masalah itu kepada tabloid Komsomolskaya Pravda. ”Saya mampu untuk memberikan hadiah yang baik,” katanya. Dia mengatakan, harga arloji itu telah dibesar-besarkan.

”Tentu, harga yang semua orang dibahas sekarang, tidak sesuai dengan kenyataan,” ucap Navka. Dalam acara pernikahan itu, Putin tidak tampak. Namun, pasangan tersebut menegaskan bahwa Presiden Putin sudah diundang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)