China Bangun Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia

Rabu, 22 Juli 2015 - 12:40 WIB
China Bangun Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia
China Bangun Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia
A A A
BEIJING - China mulai membangun pesawat amfibi terbesar di dunia, AG-600, di sebuah pabrik di Chengdu. Ambisi China untuk memiliki pesawat amfibi terbesar di dunia ini muncul di tengah ketegangan terkait sengketa Laut China Selatan.

Pihak berwenang China menyatakan bahwa 17 pesawat amfibi sudah ditempatkan di dalam negeri. Negara itu berencana untuk memasarkan pesawat agresif tersebut ke luar negeri.

Pesawat amfibi itu didukung oleh empat mesin turboprop. Produsen pesawat China percaya produk mereka akan merebut pasar terbesar dunia.

”Sejak hari pertama perkembangannya, AG-600 telah dirancang untuk pasar global. Kami yakin dalam prospek pasar, karena berbagai spesifikasi pesawat, seperti berat hingga jarak tempuh maksimumnya lebih baik ketimbang pesawat amfibi lainnya di dunia,” kata Qu Jingwen, general manager dari Aviation Industry General Aircraft Company China.

Menurutnya, salah satu pembeli yang sudah memesan pesawat itu ingin memanfaatkannya sebagai moda pengangkut wisatawan untuk mengunjungi pulau-pulau di Laut China Selatan. China diperkirakan akan membutuhkan sekitar 100 pesawat tersebut dalam 15 tahun ke depan.

"Beberapa negara dengan banyak pulau, seperti Malaysia dan Selandia Baru, telah menyatakan minatnya (membeli) AG-600, dan kami berada dalam kontak dengan mereka,” ujar Qu selama upacara di Zhuhai untuk menandai awal perakitan pesawat amfibi tersebut, seperti dilansir IB Times, Selasa (21/7/2015).

Para perancang pesawat amfibi AG-600, mengklaim pesawat itu lebih besar dari pesawat amfibi Jepang Shinmaywa dan pesawat amfibi Rusia, Beriev Be-200.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5180 seconds (0.1#10.140)