Kesepakatan Nuklir Tak Larang Iran Gunakan Rudal Balistik

Selasa, 21 Juli 2015 - 21:19 WIB
Kesepakatan Nuklir Tak Larang Iran Gunakan Rudal Balistik
Kesepakatan Nuklir Tak Larang Iran Gunakan Rudal Balistik
A A A
TEHERAN - Iran akan terus menggunakan rudal balisitik hasil karya mereka sendiri, karena hal itu tidak melanggar kesepakatan nuklir dengan enam kekuatan dunia. Pernyataan tersebut diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

"Menggunakan rudal balistik tidak melanggar Rencana Aksi Bersama Komprehensif, itu hanya melanggar butir lampiran Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB Nomor 2231, yang mana hal itu mengikat," kata Zarif dalam sebuah pernyataan.

Dirinya mengatakan dalam lampiran Resolusi DK PBB tersebut hanya menyangkut penggunaan rudal bersenjata dengan kemampuan hulu ledak nuklir. Sedangkan, rudal balistik Iran tidak menggunakan hulu ledak nuklir, sehingga bukanlah sebuah pelanggaran.

"Dan karena kita tidak merancang setiap rudal kami untuk membawa senjata nuklir, oleh karena itu resolusi sama sekali ini tidak berhubungan dengannya," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (21/7/2015).

Rencana Aksi Bersama Komprehensif adalah sebuah dokumen yang baru saja disetujui oleh DK PBB, yang mengatur kode perilaku, agar Iran terus sejalan dengan kesepakatan nuklir. Dalam dokumen itu disebutkan bahwa Iran tidak diperkenankan untuk mengembangkan, membuat, atau mencari senjata nuklir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6511 seconds (0.1#10.140)