Pemerintah China Bantah Diskriminasi Kaum Muslim

Kamis, 09 Juli 2015 - 21:12 WIB
Pemerintah China Bantah...
Pemerintah China Bantah Diskriminasi Kaum Muslim
A A A
JAKARTA - Pemerintah China membantah bahwa mereka telah melakukan diskriminasi terhadap kaum Muslim di negaranya. Menurut mereka, kaum Muslim di China diberikan kebebasan untuk menjalankan ibadah, khususnya di bulan Ramadan ini.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Kuasa Usaha Kedutaan Besar China di Jakarta, Sun Weide. Hak ini disampaikan Wide saat dirinya menggelar acara buka puasa bersama dengan beberapa awak media di kantor mereka, di kawasan Mega Kuningan, pada Kamis (9/7/2015).

“China juga merupakan negara multisuku, multibahasa, dan multiagama. China memiliki 56 suku bangsa. Jumlah total penganut yang beragama Budha, Taoisme, Islam, Kristen dan Katolik lebih dari 100 juta,” kata Weide dalam sambutannya.

Dirinya juga mengatakan, bahwa pemerintah China menjalankan kebijakan sesuai dengan prinsip-prinsip kesetaraan, persatuan dan gotong royong. “Undang-udang Dasar dan ketentuan hukum China menghargai dan melindungi kebebasan suku bangsa minoritas untuk beragama dan beradat istiadat,” sambungnya.

Menurutnya, jumlah Muslim di China saat ini lebih dari 20 juta jiwa, dan setiap dari mereka diberikan kebebasan untuk beribadah.

“Sama seperti kaum Muslim di Indonesia, Muslim di China juga sedang menjalankan Ibadan puasa Ramadan dalam suasana yang tenang, damai, dan turut melakukan pelayanan terhadap masyarakat,” imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6399 seconds (0.1#10.140)