Dokter Teledor, 11 Ribu Pasien Gigi Australia Khawatir Kena HIV

Kamis, 02 Juli 2015 - 16:37 WIB
Dokter Teledor, 11 Ribu...
Dokter Teledor, 11 Ribu Pasien Gigi Australia Khawatir Kena HIV
A A A
SYDNEY - Sebanyak 11 ribu pasien gigi di Australia mendesak dokter untuk memeriksa mereka karena khawatir telah terinfeksi HIV dan hepatitis. Kekhawatiran itu muncul akibat ulah teledor para dokter yang tidak membersihkan dan mensterilkan peralatan medis dengan benar di sebuah klinik di Sydney.

Otoritas Kesehatan New South Wales (NSW)menyatakan, 12 dokter gigi dituduh melakukan praktik sterilisasi peralatan yang buruk. Mereka juga menyarankan pasien agar melakukan tes darah untuk HIV serta Hepatitis A, B dan C sebagai tindakan pencegahan.

Sementara Direktur Perlindungan Kesehatan NSW, Jeremy McAnulty, mengatakan tidak ada kasus penularan HIV maupun hepatitis yang ditemukan sejauh ini. ”Sangat penting untuk kita tekankan bahwa kita tidak memiliki bukti adanya infeksi pada saat ini, bahwa tidak ada transmisi (penularan) yang telah terjadi,” ujarnya.

”Tapi para ahli telah terlibat dalam laporan tentang adanya masalah dengan pengendalian infeksi di fasilitas ini, bahwa risiko itu ada,” lanjut McAnulty. ”Kami berharap tidak akan ada transmisi dan risiko dianggap rendah, tapi sebaiknya bagi orang untuk mengetahui status mereka karena ada perawatan yang tersedia untuk yang terinfeksi,” imbuh dia.

Shane Fryer dari Dewan Gigi NSWA, menambahkan, ketakutan ribuan pasien gigi itu juga dipicu keluhan salah satu praktik di sebuah klinik pada bulan November tahun lalu. Klinik itu kemudian diselidiki terkait pelanggaran keamanan.

”Audit menunjukkan bahwa ada beberapa masalah dengan pembersihan, sterilisasi dan penyimpanan instrumen yang tidak dilakukan sesuai dengan pedoman Dewan Gigi Australia,” katanya, seperti dilansir AFP, Kamis (2/7/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)