Tertua di Inggris, Pria 111 Tahun Klaim Panjang Umur karena Wiski

Rabu, 10 Juni 2015 - 14:38 WIB
Tertua di Inggris, Pria 111 Tahun Klaim Panjang Umur karena Wiski
Tertua di Inggris, Pria 111 Tahun Klaim Panjang Umur karena Wiski
A A A
LONDON - Nazar Singh tercatat lahir pada 8 Juni 1904. Pria tertua di Inggris yang baru saja merayakan ulang tahun ke-111 mengklaim panjang umur salah satunya karena gemar minum wiski.

Nazar Singh menjadi saksi hidup dua Perang Dunia, tragedi kapal Titanic, pendaratan manusia di bulan untuk pertama kali dan penemuan televisi berwarna.

Dia dibesarkan di Punjab, India. Kemudian pindah ke Inggris pada tahun 1965. Dia bekerja keras dan tinggal di Walsall selama hampir 25 tahun sebelum pensiun pada tahun 1989.

Nazar Singh mengklaim “resep” rahasia bisa panjang umur adalah tidur cukup, bergaya hidup sehat dan gemar minum wiski, minuman yang jadi favoritnya.

Centenarian yang memiliki sembilan anak, 34 cucu dan 64 cicit itu telah hidup bersama dengan istrinya Narajan Kaur selama 70 tahun. Tapi, istrinya meninggal 12 tahun yang lalu di usia 90 tahun.

Seumur hidupnya, Nazar Singh tidak pernah menjalani operasi. Dia masih mempertahankan beberapa gigi asli dan memiliki pendengaran yang sempurna.

Anaknya, Chain Singh Gill, 62, mengatakan rahasia umur panjang ayahnya adalah gaya hidup sehat dan kebiasaan anehnya yang gemar minum Wiski. Ayahnya itu juga suka minum susu dan minyak almond. Selain itu, Nazar Singh teratur makan buah dan tidur 10 jam setiap malam.

Keluarganya mengatakan, bahwa Nazar Singh hampir meninggal akibat mengalami infeksi. Tapi, dia kembali pulih.”Kami pikir kami telah kehilangan dia karena dia mengalami infeksi tetapi, untungnya, dia sudah mulai pulih sekarang,” kata Gill.

”Dia hanya mendapatkan makanan yang paling penting. Dia tidak makan junk food dan itulah yang telah membuat dia hidup panjang umur,” ujar Gill. ”Saya di kontak dengan dia, kadang-kadang dua kali setiap hari di telepon dan dia bersemangat,” katanya lagi, seperti dilansir Mirror, semalam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6479 seconds (0.1#10.140)