Dilarang Jual Matahari, Wanita Spanyol Gugat eBay

Jum'at, 05 Juni 2015 - 10:17 WIB
Dilarang Jual Matahari, Wanita Spanyol Gugat eBay
Dilarang Jual Matahari, Wanita Spanyol Gugat eBay
A A A
MADRID - Seorang wanita Spanyol menggugat eBay karena dilarang menjual “lahan” yang ada di planet Matahari. Hebatnya, wanita bernama Maria Angeles Duran itu telah memenangkan gugatannya di pengadilan.

Maria memenangkan mengklaim kepemilikan atas “lahan” di Matahari pada tahun 2010. Dia diperbolehkan menjual lahan itu melalui akun eBay. Lahan yang dia jual itu harganya €1 atau sekitar Rp14.990 per meter persegi.

Dia terinspirasi untuk mendaftarkan bintang yang menyala atas namanya dari seorang pria Amerika Serikat (AS) yang telah melakukan hal serupa terhadap bulan dan planet-planet lainnya.

Menurut laporan Daily Mirror, semalam (4/6/2015), Maria berencana, lahan di planet Matahari yang dia jual itu keuntungannya akan dia sumbangkan 10 persen untuk mengakhiri kelaparan di dunia dan masalah lain di Spanyol. Dia hanya ingin mempertahankan 10 persen dari penjualan itu untuk dirinya sendiri.

Maria berpendapat bahwa, meskipun Perjanjian Luar Angkasa Tahun 1967 mencegah pemerintah untuk mengklaim benda-benda langit, tapi hal itu tidak berlaku untuk individu. Atas argument itulah, Maria mengklaim “lahan” di planet Matahari untuk dia jual.

Maria tidak main-main untuk menjual “lahan” di Matahari itu. Melalui akun eBay pada 2013, dia menjanjikan sertifikat “lahan” itu bagi pembeli. Namun, tindakan Maria dianggap aneh. eBay pun menutup akun Maria karena dianggap scam.

Pada tahun 2014, Maria memenangkan gugatan itu dan meminta ganti rugi € 10 ribu sebagai kompensasi atas tindakan eBay.eBay mencoba untuk menyelesaikan masalah itu di luar pengadilan, tapi sekarang hakim pengadilan di Madrid telah memutuskan bahwa Maria dapat mengejar tindakan hukum atas eBay.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5483 seconds (0.1#10.140)