Rusia Dituding Manipulasi Foto Penembakan MH17

Senin, 01 Juni 2015 - 21:15 WIB
Rusia Dituding Manipulasi Foto Penembakan MH17
Rusia Dituding Manipulasi Foto Penembakan MH17
A A A
MOSKOW - Sebuah laporan yang dipublikasikan badan analisis independen Bellingcat mengungkap manipulasi yang dilakukan Rusia terkait insiden pesawat Malaysia Airlines MH17. Dalam laporan itu disebutkan jika foto yang kerap disebar Rusia, soal pesawat Ukraina menembak jatuh pesawat nahas itu adalah palsu.

Bellingcat, seperti dilansir ABC pada Senin (1/6/2015), mengaku memiliki bukti kuat yang menunjukkan Rusia mengirimkan tentara dan senjatanya ke Ukraina Timur untuk menyokong pemberontak di sana.Kelompok itu juga mengatakan, bukti yang mereka peroleh menunjukkan dengan jelas kalau Pemerintah Rusia berbohong mengenai keterlibatan mereka dalam kecelakaan tersebut.

"Pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan Rusia menunjukkan, sebagian besar informasi yang dipublikasikan kepada umum oleh Pemerintah Rusia sejak jatuhnya pesawat MH17 menunjukkan usaha Pemerintah Rusia untuk mengelabui publik, komunitas global, dan keluarga korban MH17," bunyi laporan Bellingcat.

Rusia sendiri dikabarkan membantah keras laporan yang dirilis oleh Bellingcat tersebut. Sama seperti bantahan Rusia lainnya, Negeri Beruang Merah itu menyebut tidak terlibat, baik dalam penembakan MH17 atau dalam konflik Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)