Presiden Terguling Mesir Mohamed Morsi Dituntut Mati

Sabtu, 16 Mei 2015 - 17:42 WIB
Presiden Terguling Mesir Mohamed Morsi Dituntut Mati
Presiden Terguling Mesir Mohamed Morsi Dituntut Mati
A A A
KAIRO - Sebuah pengadilan di Mesir pada Sabtu (16/5/2015) menuntut hukuman mati terhadap presiden terguling Mesir, Mohamed Morsi. Tuntutan serupa juga berlaku pada lebih dari 100 anggota Ikhwanul Muslimin Mesir.

Morsi dan ratusan anggota Ikhwanul Muslimin dituduh terlibat dalam kerusuhan massal di sebuah penjara Mesir pada tahun 2011. Salah satu pemimpin Ikhwanul Muslimin, Khairat el-Shater dan 15 orang lainnya ikut dituntut hukuman mati karena dituduh bersekongkol dengan kelompok militan asing untuk melawan Mesir.

Morsi digulingkan militer Mesir pada 2013 lalu setelah demo besar yang berujung pada kerusuhan pecah di Mesir. Petinggi militer Mesir yang bertanggung jawab atas penggulingan Morsi, Abdel Fattah el-Sisi kini menjadi Presiden Mesir setelah memenangkan Pemilu.

Kelompok hak asasi manusia telah menuduh Pemerintah Mesir melakukan pelanggaran keras dan massif terhadap para pendukung Ikhwanul Muslimin. Namun, Pemerintah Mesir menyangkalnya.

Sementara itu, pendiri kelompok Ikhwanul Muslimin, Amr Darrag, yang berada di Turki mengecam keputusan pengadilan Mesir . Dia menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil tindakan.

”Ini adalah keputusan politik dan merupakan kejahatan pembunuhan yang akan segera dilakukan, dan itu harus dihentikan oleh masyarakat internasional,” kata Darrag, petinggi Partai Kebebasan dan Keadilan yang merupakan sayap politik Ikhwanul Muslimin kepada Reuters di Istanbul.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6525 seconds (0.1#10.140)