ASEAN Anggap Reklamasi Laut China Selatan Berbahaya

Senin, 27 April 2015 - 13:30 WIB
ASEAN Anggap Reklamasi Laut China Selatan Berbahaya
ASEAN Anggap Reklamasi Laut China Selatan Berbahaya
A A A
KUALA LUMPUR - KTT ASEAN di Malaysia mulai menyoroti tindakan China yang melakukan reklamasi di Laut China Selatan. ASEAN menganggap reklamasi di kawasan sengketa itu berbahaya bagi keamanan serta merusak perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Pernyataan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tersebut akan dikeluarkan setelah upacara penutupan KTT ASEAN di Kuala Lumpur pada hari Senin (27/4/2015).”Itu akan menaikkan keprihatinan serius dari beberapa pemimpin atas reklamasi lahan,” demikian kutipan draf pernyataan ASEAN yang dilihat Reuters.

Dalam pernyataan itu, ASEAN menyatakan bahwa, reklamasi telah "mengikis kepercayaan dan dapat merusak perdamaian, keamanan dan stabilitas di Laut China Selatan”. (Baca juga: Terungkap! China Bangun Landasan Pacu di Laut China Selatan)

”Kami menegaskan kembali pentingnya menjaga perdamaian, stabilitas, keamanan dan kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan,” lanjut pernyataan ASEAN.

China telahmengklaim 90 persen atas kawasan Laut China Selatan yang kaya minyak dan gas. Namun, klaim itu ditentang Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan.

"Mereka tidak bisa mengabaikan bahwa beberapa anggota ASEAN memiliki pernyataan yang kuat pada masalah itu, terutama Filipina, yang memiliki perhatian serius, ini yang bisa menciptakan ketegangan di kawasan itu,” imbuh seorang diplomat ASEAN yang menolak diidentifikasi karena isu itu sensitif.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)