Diselamatkan dari Yaman, 91 WNI Tiba di Tanah Air

Senin, 13 April 2015 - 12:59 WIB
Diselamatkan dari Yaman, 91 WNI Tiba di Tanah Air
Diselamatkan dari Yaman, 91 WNI Tiba di Tanah Air
A A A
JAKARTA - Sekitar 91 warga Indonesia (WNI) kembali dipulangkan ke Tanah Air setelah dievakuasi dari Yaman. Mereka yang rata-rata dievakuasi dari Tareem dan al-Mukala mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (13/4/2015) pukul 09.45 WIB.

"Jadi pada hari ini, pesawat-pesawat TNI AU berhasil menyelamatkan 91 WNI. Proses evakuasi ini sudah berjalan selama kurang dari dua minggu, tepatnya kira-kira 11 hari," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi saat menyambut puluhan WNI.

"Tim bekerja sangat keras melakukan evakuasi dari Salalah, Jizan dan Muskat," lanjut Menlu Retno.

Menurutnya, evakuasi puluhan WNI ini berhasil dilakukan karena ada kerjasama yang baik antar-intansi di Jakarta. "Operasi kemanusiaan ini berhasil karena kerjasama erat TNI AU, Polisi, BIN dan Kemlu. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Panglima, Kepala BIN, Kepala Staf TNI AU dan Kapolri," ujar Retno.

Para WNI yang datang dengan menggunakan pesawat Boeing A-7305 milik TNI AU itu rencananya akan langsung dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Kebanyakan mereka berasal dari Jawa Timur dan sekitar Jakarta.

"Sampai hari ini ada 1.795 WNI yang sudah berhasil kita keluarkan dari Yaman, dan 1.002 dari mereka sudah berada di Indonesia, termasuk 91 WNI yang hari ini tiba," katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3146 seconds (0.1#10.140)