Rusia Ajak AS Ikut Parade Militer di Moskow

Kamis, 19 Maret 2015 - 19:29 WIB
Rusia Ajak AS Ikut Parade Militer di Moskow
Rusia Ajak AS Ikut Parade Militer di Moskow
A A A
MOSKOW - Walaupun terus berseteru, pemerintah Rusia dikabarkan mengundang Amerika Serikat (AS) untuk terlibat dalam parade militer guna memperingati berakhirnya Perang Dunia II di Red Square, Moskow. Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Anatoly Antonov menyatakan, udangan itu sudah dikirim beberapa hari yang lalu.

Tapi, lanjut Antonov, Rusia tidak terlalu berharap AS akan terlibat dalam parade militer tersebut. Menurut dirinya, yang penting Rusia sudah menunjukan iktikad baik dengan tetap mengundang Negeri Paman Sam.

"Kami telah mengirimkan beberapa undangan, contohnya kepada AS untuk turut berpartisipasi dalam parade pada 9 April mendatang. Tapi, semua terserah kepada mereka, apakah mereka akan berpartisipasi atau tidak," ucap Antonov, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (19/3/2015).

Sebelumnya, Presiden AS, Barack Obama telah menolak undangan yang disampaikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin untuk turut menghadiri acara peringatan tersebut. Obama beralasan, pada 9 April dirinya sudah memilki agenda lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Sementara itu, terkait parade militer di Red Square, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyatakan, setidaknya ada 10 negara yang sudah menyatakan kesiapannya untuk terlibat dalam parade itu. Namun, Shoigu masih enggan memberitahu negara mana saja yang sudah memastikan diri terlibat dalam parade tersebut. (Baca juga:10 Negara Siap Pamer Kekuatan Militer di Moskow)
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5855 seconds (0.1#10.140)