Tiru Australia, Nigeria Mohon Indonesia Ampuni 3 Warganya

Selasa, 10 Maret 2015 - 08:57 WIB
Tiru Australia, Nigeria Mohon Indonesia Ampuni 3 Warganya
Tiru Australia, Nigeria Mohon Indonesia Ampuni 3 Warganya
A A A
ABUJA - Tiru Australia, Nigeria kini ikut-ikutan memohon kepada pemerintah Indonesia untuk mengampuni tiga warganya yang bakal dieksekusi karena menjadi gembong narkoba.

Langkah Nigeria ini muncul setelah Australia gencar memohonkan ampunan untuk duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Seorang pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Nigeria, Danjuma Sheni, menyampaikan permohonan grasi itu melalui Duta Besar Indonesia untuk Nigeria, Harry Purwato.

”Kami sangat menyadari konsekuensi dari perdagangan narkoba di negara Anda, tapi kami masih ingin meletakkannya pada catatan dan kami masih ingin meminta menyampaikan kepada presiden (Joko Widodo) untuk memberi belas kasihan,” kata Sheni dalam pertemuan itu.

Sheni mengatakan, Nigeria telah menyadari bahwa tiga warganya itu dihukum melalui proses peradilan di Jakarta.”Dan banding mereka (untuk grasi) kepada presiden telah ditolak,” ujarnya.

Salah satu dari tiga terpidana mati asal Nigeria, Raheem Agbaje Salami, telah dipindahkan ke Nusakambangan untuk bisa dieksekusi setiap saat. ”Kami ingin meminta Anda menyampaikan kepada pemerintah Anda bahwa hukuman mati terhadap Salami harus ditukar dengan penjara seumur hidup,” ujar Sheni, seperti dilansir AAP, Selasa (10/3/2015).

Sementara itu Duta Besar Harry Purwanto, siap menyampaikan permohonan pemerintah Nigeria itu kepada pemerintah Indonesia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)