Diperkosa, Wanita Saudi Justru Dihukum 200 Cambukan

Sabtu, 07 Maret 2015 - 16:47 WIB
Diperkosa, Wanita Saudi Justru Dihukum 200 Cambukan
Diperkosa, Wanita Saudi Justru Dihukum 200 Cambukan
A A A
RIYADH - Seorang wanita di Arab Saudi yang diperkosa justru dijatuhi hukuman 200 cambukan dan enam bulan penjara. Korban perkosaan itu dinyatakan bersalah melakukan ketidaksenonohan dan berbicara kepada media.

Kisah yang dialami wanita 19 tahun itu sejatinya terjadi 2006 silam. Kala itu, dia naik mobil dengan temannya yang seorang mahasiswa. Dua pria lain juga ikut masuk ke mobil. Tak disangka wanita itu dibawa ke daerah terpencil.

Di lokasi itulah, wanita tersebut diperkosa oleh tujuh orang, di mana tiga orang yang ikut menyerang adalah temannya sendiri. Wanita Muslim Syiah itu semula hanya dijatuhi hukuman 90 cambukan setelah dinyatakan bersalah melanggar hukum syariat Kerajaan Saudi, di mana orang yang berlainan jenis kelamin tidak boleh berduaan di suatu tempat.

Tak terima dengan vonis pengadilan itu, pengacara korban perkosaan tersebut mengajukan banding ke Pengadilan Negeri Saudi. Sialnya, wanita itu justru dijatuhi hukuman dua kali lipat dari hukuman sebelumnya.

Abdul Rahman Al-Lahem, pengacara korban perkosaan itu berkeluh kesah kepada media atas hukuman yang dijatuhkan kepada kliennya. Sejatinya, pihak pengadilan telah melarang Al-Lahem membela wanita itu. Bahkan izin lisensi Al-Lahem sebagai pengacara dicabut gara-gara membela kasus waniat itu.

Menurut laporan Midle East Monitor, Jumat kemarin, pengacara itu akan dipanggil akhir Maret 2015, untuk menjalani sidang disipliner. Kasus itu mulai dosorot kelompok HAM internasional.

Otoritas pengadilan Saudi berdalih, mengumbar masalah ke media sebagai kesalahan. “Karena siapa yang keberatan atas putusan yang dikeluarkan (pengadilan), sistem pengadilan memungkinkan untuk mencabutnya tanpa menggunakan media," kata pejabat Saudi dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs Saudi Press Agency.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3162 seconds (0.1#10.140)