Ingin Isolasi Moskow, Tapi Barat Butuhkan Rusia

Kamis, 05 Maret 2015 - 13:01 WIB
Ingin Isolasi Moskow, Tapi Barat Butuhkan Rusia
Ingin Isolasi Moskow, Tapi Barat Butuhkan Rusia
A A A
JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin, mengatakan, negara-negara Barat sulit untuk mengsiloasi Rusia, Sebab, mereka masih membutuhkan Rusia untuk terlibat dalam beberapa isu penting dunia.

"Barat masih membutuhkan Rusia dalam membantu menyelesaikan beberapa masalah besar di dunia, salah satu contohnya adalah turut membantu dalam negosiasi damai di Suriah," kata Galuzin di kediamannya, di Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Selain masih butuh Moskow, lanjut Galuzin, masih banyak faktor lainnya yang membuat Barat tidak bisa mengisolasi negaranya. Diplomat Rusia itu menegaskan, Rusia memiliki beberapa negara sahabat yang loyal, seperti China, India dan Indonesia.

Dalam pandanganya, kebijakan Barat itu juga bisa menjadi bumerang bagi mereka. "Barat mengambil tindakan yang salah, mereka bukan mengisolasi Rusia tetapi mereka justru yang terisolasi dari Rusia. Itu justru merugikan mereka," ujar Galuzin.

Barat, termasuk di dalamnya beberapa negara Uni Eropa dan Amerika Serikat terus-menerus berusaha untuk mengisolasi Rusia dengan menjatuhkan sanksi ekonomi. Setidaknya sudah empat kali negara-negara Barat menjatuhkan sanksi ekonomi pada Rusia. Sanksi itu dijatuhkan, karena Rusia dianggap intervensi dalam krisis di Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4530 seconds (0.1#10.140)