Menentang Negosiasi Nuklir Iran, Kerry: PM Netanyahu Salah

Kamis, 26 Februari 2015 - 18:59 WIB
Menentang Negosiasi Nuklir Iran, Kerry: PM Netanyahu Salah
Menentang Negosiasi Nuklir Iran, Kerry: PM Netanyahu Salah
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry menilai sikap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait negosiasi nuklir dengan Iran adalah sebuah sikap yang salah. Netanyahu menentang keras negosiasi yang dilakukan AS dengan Iran, terkait teknologi nuklir yang dimiliki oleh Iran.

"Kami tidak ingin mengesampingkan hubungan kami dengan Israel dengan hal apapun, tapi saya melihat dia (Netanyahu) nampaknya telah membuat penilaian yang kurang benar dalam hal ini," ucap Kerry, seperti dilansir Xinhua, Kamis (26/2/2015).

Menurut Kerry, keputusan Netanyahu yang menentang perjanjian antara negara P5+1 dengan Iran adalah sebuah hal yang keliru. Netanyahu kerap menyebut perjanjian ini sebagai kesepakatan abad ini bagi Iran, karena dinilai sangat menguntungkan negara tersebut.

"Dia sangat terbuka mengenai betapa buruknya perjanjian interim yang telah capai ini, meskipun telah terlihat jelas perjanjian ini telah membuat Iran menghentikan program nuklir mereka," Kerry menambahkan.

Pernyataan Kerry ini sendiri muncul hanya beberapa hari menjelang kedatangan Netanyahu ke AS. Netanyahu dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke AS pada awal Maret mendatang untuk menyampaikan sambutan dalam Kongres AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3985 seconds (0.1#10.140)