Insiden Helmand Disebabkan Kesalahan Pasukan Afghanistan

Jum'at, 02 Januari 2015 - 18:15 WIB
Insiden Helmand Disebabkan Kesalahan Pasukan Afghanistan
Insiden Helmand Disebabkan Kesalahan Pasukan Afghanistan
A A A
HELMAND - Insiden serangan roket yang menghantam sebuah perayaaan pernikahan di Provinsi Helmand, kemarin, dinilai bukanlah disebabkab oleh Taliban, melainkan kesalahan pasukan Afghanistan. Roket yang membunuh puluhan orang itu merupakan milik pasukan Afghanistan.

“Pasukan Afghanistan menembakan roket yang mengenai sebuah acara perayaan pernikahan, yang harusnya menghantam anggota Taliban yang melakukan serangan di pos pemeriksaan pada wilayah yang sama,” ungkap wakil Gubernur Helmand, Mohammad Jan Rasoulyar.

Rasoulyar menyatakan, seperti dilansir Al Arabiya, Jumat (1/2/2014) anggota pasukan Afghanistan yang melakukan serangan salah sasaran itu harus dihukum seberat-beratnya. “Mereka yang menembakan roket itu harusnya diserahkan ke Pengadilan Militer,” ungkapnya. (Baca:Dihantam Roket Taliban, Pesta Pernikahan Berubah Jadi Pemakaman)

Menurut seorang saksi mata, serangan itu terjadi ketika seorang tamu di pesta pernihakan itu menembakan kembang api ke udara, yang disalah artikan oleh pasukan keamanan Afghanistan. Dua roket akhirnya ditembakan ke arah lokasi perayaan pernikahan itu.

Empat orang tentara, termasuk seorang Jenderal berhasil diamankan dan saat ini berada di ibu kota Provinsi Helmand, Lashkar Gah. Setidaknya 20 orang tewas dalam serangan itu, dimana mayoritas korban adalah anak-anak dan wanita.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3987 seconds (0.1#10.140)