UE Akan Hapus Hamas dari Daftar Teroris

Rabu, 17 Desember 2014 - 17:27 WIB
UE Akan Hapus Hamas dari Daftar Teroris
UE Akan Hapus Hamas dari Daftar Teroris
A A A
BRUSSELS - Pengadilan tertinggi kedua Uni Eropa (UE) dikabarkan akan telah menolak pengajuan untuk memperpanjang status Hamas sebagai salah satu kelompok teror. UE memasukan Hamas ke dalam daftar kelompok teror pada tahun 2011 lalu.

Melansir Reuters, Rabu (17/12/2014), keputusan ini membuat perdebatan di tubuh UE, di mana beberapa pihak dikabarkan akan mengajukan banding terkait hal ini. Pengadilan UE memberikan waktu tiga bulan kepada pihak yang ingin mengajukan banding.

Bila dalam jangka waktu tersebut tidak ada banding, maka pengadilan itu akan menghapus Hamas dari daftar teroris mereka. Dengan kata lain maka nama Hamas di Eropa akan kembali bersih dari segala macam tuduhan tindakan teror.

“Status Hamas sebagai teroris terus menjadi perdebatan karena status tersebut diberikan pada Hamas bukan atas tindakan atau tindakan kelompok tersebut, melainkan karena banyaknya tuduhan yang dilemparkan media terhadap kelompok itu,” ungkap pengadilan tinggi UE.

Namun, pengadilan tersebut menyatakan bahwa sebelum ada keputusan resmi, maka beberapa kebijakan pencegahan terhadap Hamas masih akan berlaku seperti pembekuan aset. Langkah ini sendiri muncul di tengah semakin kuatnya dukungan dari negara Eropa terhadap kemerdekaan Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3814 seconds (0.1#10.140)