Editor Pengungkap Skandal Watergate Tutup Usia

Rabu, 22 Oktober 2014 - 14:01 WIB
Editor Pengungkap Skandal Watergate Tutup Usia
Editor Pengungkap Skandal Watergate Tutup Usia
A A A
WASHINGTON - Ben Bradlee, editor Washington Post yang mengawasi penulisan skandal Watergate pada tahun 1974, yang berhasil menjatuhkan Presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, Richard Nixon dikabarkan meninggal pada usia 93 tahun.

Melansir Al Jazeera, Rabu (22/10/2014), kepergian Bradlee membawa duka yang mendalam bagi keluarga, kerabat dan sahabatnya. Donald E Graham, yang merupakan pemimpin Washington Post tidak segan memuji Bradlee setinggi langit atas apa yang telah dia lakukan.

"Ben Bradlee adalah editor surat kabar terbaik di AS pada masanya dan apa yang telah dia lakukan telah memiliki dampak yang sangat besar, bukan hanya pada medianya, melainkan untuk dunia editor modern,” ucap Graham.

Bernstein dan Woodward, dua wartawan Washington Post yang mengungkapkan skandal Watergate, sekaligus anak buah Bradlee saat itu, mengutarakan, Bradlee adalah sosok pemimpin jenius dalam dunia jurnalistik.

“Bradlee memiliki satu prinsip yang kuat dalam hal mencari fakta untuk berita. Bila memang berita tersebut benar, maka kita dituntut untuk bisa mengungkapkan kebenaran tersebut,” ucap Bernstein dan Woodward. “Dia memiliki mental seorang tentara,” tambahnya.

Bradlee dikabarkan meninggal di rumah di Washington DC, semalam. Bradlee dikenal dengan keberanianya dalam menerbitkan sebuah tulisan. Dirinya juga pernah diganjar penghargaan Presidential Medal of Freedom tahun lalu, oleh Presiden AS, Barack Obama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4174 seconds (0.1#10.140)