UE Mungkin Akan Kembali Jatuhkan Sanski Pada Rusia

Senin, 20 Oktober 2014 - 21:20 WIB
UE Mungkin Akan Kembali Jatuhkan Sanski Pada Rusia
UE Mungkin Akan Kembali Jatuhkan Sanski Pada Rusia
A A A
LUXENBURG - Belum adanya perkembangan terbaru yang cukup menggembirakan di Ukraina timur membuat Uni Eropa (UE) mungkin tidak akan mengubah kebijakan terkait sanksi terhadap Rusia. Dugaan tersebut diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Lithuania Linas Linkevicius.

"Dalam beberapa waktu terakhir tidak ada sebuah terbobosan baru (dalam pemenuhan perjanjian Minsk di Ukraina). Situasi di sana tidak membaik. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk mengubah kebijakan atau mengangkat sanksi (untuk Rusia),” ucap Linkevicius.

Bahkan, Linkevicius menyatakan, bila kondisi di Ukraina timur masih tidak mengalami perubahan, atau bahkan kembali memburuk, UE mungkin tidak akan segan-segan untuk kembali menjatuhkan sanksi baru pada Rusia. Ini bisa menjadi sanksi keempat yang dijatuhkan UE pada Rusia terkait krisis Ukraina.

“Jika situasi terus memburuk (di Ukraina timur), kita harus membahas langkah-langkah yang dapat memberikan tekanan pada Rusia untuk lebih keras membantu penyelesaikan konflik di Ukraina timur. Sanksi baru mungkin bisa menjadi salah satu langkah yang diambil,” tambahnya.

Sebelumnya, kepala kebijakan luar negeri UE Catherine Ashton menyatakan, Dewan Eropa akan melakukan pertemuan guna membahas dan mengevaluasi situasi di Ukraina timur. “Kami akan mengalisa situasi di Ukraina timur, apakah berjalan sesuai dengan kesepakata Minsk atau tidak, lalu kita akan memutuskan langkah ke depannya seperti apa,” ucap Ashton.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)