Pimpinan Kelompok Pemberontak Suriah Tewas, Diduga Dibom ISIS

Rabu, 10 September 2014 - 12:52 WIB
Pimpinan Kelompok Pemberontak Suriah Tewas, Diduga Dibom ISIS
Pimpinan Kelompok Pemberontak Suriah Tewas, Diduga Dibom ISIS
A A A
IDLIB - Pimpinan salah satu kelompok paling kuat dan berpengaruh di Suriah, brigade Ahrar al-Sham tewas dalam sebuah serangan bom, semalam. Hassan Abboud tewas ketika sedang melakukan pertemuan dengan pimpinan kelompok pemberontak lainnya di sebuah bunker di provinsi Idlib.

Melansir Al Jazeera, Rabu (10/9/2014), selain Abboud terdapat 45 orang lainnya yang tewas dalam insiden ledakan tersebut. Mereka berkumpul untuk membahas strategi untuk memberantas keberadaan ISIS di Suriah.

''Ada kemungkinan pertemuan itu telah disusupi, karena ledakan terjadi di dalam bunker. Bunker ini sangat rahasia, dan hanya segelintir orang yang tahu lokasinya,” ucap Abu al-Mustafa al-Ambsi, anggota biro politik Ahrar. Al-Ambsi menyatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap insiden ini.

''Yang mampu melakukan hal ini hanyalah sebuah kelompok elite yang sudah terlatih dan memiliki jaringan luas,” ungkapnya. ''Insiden ini hanya akan membuat kita semakin kuat dan semakin termotivasi untuk membebaskan Suriah, baik dari tangan Bashar al-Assad atau dari ISIS,” Al-Ambsi menambahkan.

Dirinya belum berani berspekulasi pihak mana yang melakukan serangan tersebut. Namun, al-Ambsi memiliki kecurigaan terhadap ISIS, karena pasca tersiar kabar tewasnya Abboud, ISIS menyatakan selamat dan bergembira atas kematian pimpinan kelompok Ahrar itu.

Ahrar di bawah pimpinan Abboud adalah kelompok pemberontak yang menjunjung tinggi nilai Islam. memiliki prinsip untuk terus melindungi hak-hak perempuan dan anak-anak, serta menghormati kaum minoritas agama dan etnis di Suriah, dan mereka selalu menolak semua pendekatan yang dianut oleh ISIS.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3836 seconds (0.1#10.140)