Acara Keagamaan Ricuh, 10 Tewas di India

Senin, 25 Agustus 2014 - 18:33 WIB
Acara Keagamaan Ricuh, 10 Tewas di India
Acara Keagamaan Ricuh, 10 Tewas di India
A A A
CHITRAKOOT - Sebuah tragedi terjadi di kuil Hindu yang berada di India. Akibat kericuhan yang terjadi saat acara keagamaan yang berlangsung di kuil tersebut, puluhan orang dikabarkan menderita luka-luka, dan setidaknya 10 orang dinyatakan tewas.

“Insiden ini terjadi saat ratusan peziarah berkumpul di sebuah bukit suci di wilayah Chitrakoot, di negara bagian Madhya Pradesh. Terdapat beberapa peziarah yang tersandung dan terinjak, yang pada akhirnya menyebabkan kericuhan,” ungkap pejabat kepolisian setempat, Vinay Kumar Singh.

Melansir Al Jazeera, Senin (25/8/2014), akibat insiden ini, lima orang wanita dan lima orang pria tewas karena terinjak-injak. “Insiden ini terjadi pada Senin pagi, sekitar pukul 5:30. Saat polisi tiba tempat itu masih sangat kacau,” Singh menambahkan.

Menurut laporan media dan kepolisian setempat, kejadian ini bermula ketika beberapa peziarah mulai melakukan ritual untuk menghormati Dewa Siwa dengan berguling di tanah. Namun, akibat kurang tertibnya peziarah, ritual ini malah ini menjadi bencana.

Inspektur polisi Chitrakoot, Jendral Pawan Srivastava menyatakan, “Saat ritual itu, beberapa peziarah tersandung oleh bhakta circumabulate (peziarah yang melakukan ritual berguling di tanah), yang memicu kepanikan.” Sristava menambahkan, 60 orang terluka dalam insiden tersebut.

India memang dikenal memiliki sejarah panjang kematian di festival keagamaan. Selain karena banyak orang yang mengikuti festival , para peserta festival keagamaan pun terkadang kurang memperhatikan peraturan keselamatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3959 seconds (0.1#10.140)